Akreditasi merupakan kegiatan penilaian satuan pendidikan yang dilaksanakan lima tahun sekali. Pelaksanaan akreditasi di MTs Negeri 1 Bojonegoro pada tanggal 8-9 Mei 2023. BAN-SM Provinsi Jawa Timur menugaskan Drs. Jumaidi,S.Pd., M.Pd. dan Dra. Kiswari.
Di hari pertama (Senin, 8 Mei 2023) diawali dengan paparan profil madrasah oleh kepala MTs Negeri 1 Bojonegoro yaitu Drs. Ali Mujahidin, M.Ag. setelah itu kedua asesor menyampaikan kegiatan visitasi yang akan dilakukan yaitu dimulai dari melihat fasilitas madrasah dilanjutkan dengan pemeriksaan berkas akreditasi dan wawancara dengan kepala madrasah, wakil kepala, komite, alumni, guru dan wali kelas.
Tampak kedua asesor melakukan visitasi dengan profesional, humanis, kekeluargaan dan tidak menegangkan. Drs. Jumaidi, S.Pd., M.Pd. Dra. Kiswari mengungkapkan kesanya terhadap lingkungan madrasah yang bersih dan tertib. Selain itu asesor juga memberikan apresiasi terhadap prestasi siswa dan guru yang sangat banyak, bahkan sampai tingkat nasional.
Di hari kedua, asesor melaksanakan pengamatan kegiatan belajar mengajar (KBM) yang dilakukan oleh 2 guru terpilih yaitu guru Bahasa Indonesia (Ana Fatkhia R, M.Pd.) dan guru Bahasa Arab Illa Izzati, S.Pd.). Setelah pengamatan kegiatan KBM dilanjutkan dengan pengisian angket serta wawancara siswa.
Setelah wawancara dengan siswa, asesor melanjutkan wawancara dengan kepala perpustakaan, ketua laboratorium IPA serta ketua Laboratorium Komputer. Asesor menanyakan bagaimana pengelolaan perpustakaan dan laboratorium mulai dari program kerja, pelaksanaan atau penggunaan serta pendanaan. Semua kegiatan selama dua hari tersebut diakhiri dengan refleksi hasil visitasi. Asesor menyampaikan kesan yang saat baik karena terhadap MTs Negeri 1 Bojonegoro ini dibuktikan dengan prestasi siswa dan guru yang sampai tingkat nasional. Dalam acara refleksi tersebut diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan berupa buku karya dari salah satu guru MTs Negeri 1 Bojonegoro yaitu Ana Fatkhia Rofila

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *